6 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan Kulit

Ada beberapa tumbuhan yang semua bagiannya bisa dimanfaatkan bukan hanya diambil buahnya saja, termasuk pohon pisang, yang bisa dimanfaatkan buah, daun dan batangnya. Jika kita biasa mengkonsumsi banana milkshake sebagai minuman sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengaplikasikan masker buah pisang pada kulit dan rambut untuk merawat kecantikan kulit, maka apa saja manfaat daun pisang?.

Selama ini kita hanya memakai daun pisang untuk membungkus makanan saja, dijadikan sebagai pepes, karena daun pisang membuat masakan menjadi lebih harum dan lezat, dan inilah beberapa manfaat lain yang bisa kita dapatkan ketika memakai daun pisang:

Manfaat Daun Pisang Bagi Kesehatan

manfaat-daun-pisang-bagi-kesehatan-kulit-tubuh

Mengobati demam

Orang awam mengetahui dengan baik jika daun pisang bisa dimanfaatkan dengan sangat baik untuk mengobati demam. Demam yang tidak terlalu parah masih bisa diatasi dengan menggunakan obat herbal alami dan Anda pun bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan daun pisang dengan memakai minyak kelapa lantas tempelkanlah di dahi, perut dan juga pinggang yang sedang menderita demam.

Mengobati gigitan serangga

Salah satu manfaat daun pisang bagi kesehatan adalah membantu mengobati gigitan serangga yang beracun, juga membantu mengatasi sengatan lebah, mengatasi gigitan laba-laba daan ruam serta iritasi pada kulit.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, cukup dengan membersihkan daun pisang dan menghaluskannya sampai benar-benar halus lantas tempatkan halusan daun pisang ini pada kulit yang terkena gigitan serangga, mengalami ruang dan iritasi pada kulit.

Khasiat Daun Pisang Untuk Kesehatan

Memudarkan bekas luka

Manfaat daun pisang untuk kesehatan lainnya adalah membantu memudarkan bekas luka. Wanita paling tidak suka jika memiliki bekas luka di kulitnya apalagi jika bekas luka tersebut berada di tempat yang mudah terlihat, rasanya memalukan dan menghilangkan rasa percaya diri.

Mungkin banyak salep atau krim yang dijual di pasaran yang katanya efektif untuk membantu mengatasi dan menghilangkan bekas luka secara maksimal, namun harga untuk membeli obat-obatan tersebut cukup mahal jadi sangatlah baik jika Anda menggunakan bahan alami terlebih dahulu untuk membantu memudarkan bekas luka, pendarahan dan berbagai jenis peradangan. Anda hanya perlu mencampurkan cabai rawit, daun pisang serta comfrey untuk mengurangi gatal, pendarahan dan memudarkan bekas luka.

Salep alami

Anda bisa membuat salep alami yang sederhana dari daun pisang segar yang dicampurkan dengan minyak zaitun dan lilin tawon lebah, dan salep alami ini bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk para bayi yang mendapatkan ruam akibat pemakaian popok atau gigitan nyamuk

Mengurangi stres

Tidak banyak yang menyangka jika es batu yang dibalut dengan menggunakan daun pisang bisa menjadi terapi yang baik untuk mengatasi stres dan merilekskan kulit. Anda hanya perlu memijatkan gulungan es batu dalam daun pisang ini pada kulit.

Menghilangkan ketombe

Untuk mengatasi ketombe yang menumpuk di kulit kepala, Anda bisa memanfaatkan air dingin yang ditampung pada daun pisang untuk kemudian dioleskan pada kulit kepala yang berketombe juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit yang terbakar akibat dari sengatan sinar matahari.

Manfaat daun pisang selain menjadi bungkus makanan atau penghias ruangan dan alas makan ternyata masih banyak lagi yang semuanya mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Karena sudah mengetahui dengan baik manfaat apa saja yang dimiliki oleh daun pisang, maka gunakanlah daun pisang ini dengan sangat bijak, jangan terus menerus mengkonsumsi buah pisangnya saja, gunakan juga daun pisangnya dengan baik dan benar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *