Buah Untuk Ibu Hamil Yang Baik dan Tidak Baik di Konsumsi

Banyak orang yang mempertanyakan, apa saja jenis buah untuk ibu hamil dan aman dikonsumsi selama kehamilan? Ya, masa kehamilan merupakan masa-masa yang paling penting dan wajib berhati-hati bagi ibu hamil karena dalam rahim sang ibu sudah terdapat janin yang tumbuh di dalamnya.

Ketelitian dan kehati-hatian ini, tentunya mencakup hal-hal yang baik atau tidak baik dikonsumsi. Jika bunda salah mengkonsumsi makanan apa saja yang bunda inginkan, tentu bisa memicu timbulnya resiko selama kehamilan. Buah-buahan merupakan asupan makanan yang penting bagi ibu hamil. Hanya saja tidak semua buah-buahan yang dimakan baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Buah yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil

buah-buahan-untuk-ibu-hamil

Selama kehamilan, tentu ibu hamil membutuhkan banyak vitamin dan nutrisi penting untuk membantu tumbuh kembang janin di dalamnya. Lalu, buah apa saja sih yang baik dikonsumsi selama kehamilan? Ini dia jawabannya:

Buah Yang Baik di Konsumsi Ibu Hamil

Meskipun buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang penting dengan komposisi yang berbeda-beda, tentunya tak semua jenis buah-buahan baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, untuk Anda yang sedang hamil wajib mengetahui beberapa jenis buah yang baik untuk ibu hamil berikut ini:

1. Kurma

Kurma merupakan sejenis buah-buahan yang layak dikonsumsi dan baik untuk kehamilan. Kurma mempunyai khasiat yang begitu banyak, khususnya selama kehamilan. Kurma merupakan buah yang bisa mengatasi kram perut pada ibu hamil yang kerap kali terjadi serta bisa memperkuat area dinding rahim wanita hamil. Manfaat kurma untuk ibu hamil tentunya tidak terlepas dari kandungan gizi yang terdapat pada kurma tadi, yakni kalium, kadar gula, zat besi dan vitamin B komplek.

2. Jambu Air

Jambu air termasuk sejenis buah-buahan yang kaya akan kandungan serat, cairan dan vitamin di dalamnya. Dengan kandungan air yang tinggi pada jambu air inilah bisa membantu ibu hamil untuk mencegah terjadinya dehidrasi selama kehamilan.

3. Alpukat

Manfaat alpukat bagi ibu hamil memang tak perlu diragukan lagi. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki sejumlah kandungan asam folat, vitamin B komplek dan kalium. Dimana ketiga kandungan zat tersebut sangat baik untuk pertumbuhan janin, membantu pembentukan tulang belakang pada janin serta membantu untuk meningkatkan perkembangan otak janin.

Buah Yang Bagus di Konsumsi Ibu Hamil

Selain jenis buah-buahan di atas, masih ada banyak lagi buah yang bagus untuk ibu hamil dan efektif untuk menjaga kehamilan, seperti berikut ini:

1. Cherry

Banyak orang yang masih belum familiar dengan buah yang satu ini, cherry. Namun, siapa sangka buah yang non familiar ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Cherry memiliki manfaat untuk dapat mencegah kanker, bisa menenangkan sel syaraf sebab kandungan pada buah cherry bisa melancarkan aliran darah menuju otak dan mencegah terjadinya penuaan dini.

2. Buah Anggur

Anggur termasuk jenis buah-buahan yang mengandung zat antioksidan tinggi. Antioksidan pada buah anggur ini memiliki manfaat karena bisa mencegah terjadinya penyakit kanker. Tak hanya itu saja, jika dikonsumsi ibu hamil maka anggur dapat memberikan sumber nutrisi dan asupan zat besi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Buah Yang Bagus Untuk Kehamilan Trimester Pertama

Bagi bunda yang masih bingung dan ingin mengetahui jenis buah untuk ibu hamil muda, maka Anda bisa mengkonsumsi sejumlah buah-buahan yang bermanfaat untuk usia kehamilan muda, seperti buah naga, buah apel, buah stroberi dan lainnya. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan zat yang dibutuhkan selama kehamilan, khususnya di awal trimester pertama.

Buah Yang Tidak Baik Untuk Kehamilan

Selain harus mengetahui buah-buahan yang layak dikonsumsi ibu hamil, ada beberapa jenis buah yang dilarang untuk ibu hamil seperti berikut ini:

1. Buah Durian

Meskipun buah durian memiliki kandungan vitamin dan mineral yang begitu tinggi untuk kesehatan. Namun, buah ini sebaiknya dihindari bagi ibu hamil sebab bisa menimbulkan efek yang buruk untuk kesehatan ibu hamil. Hal ini disebabkan durian memiliki sifat yang panas pada bagian perut dan juga memiliki kandungan alkohol tinggi. Oleh karena itu durian bahkan bisa menyebabkan resiko keguguran.

2. Pepaya Mentah

Bagi ibu hamil yang sedang ngidam, sebaiknya hindari mengkonsumsi pepaya mentah ini. Sebab, pepaya yang mentah memiliki kandungan lateks maupun getah yang dapat mengakibatkan kontraksi rahim yang bisa berdampak pada resiko keguguran.

Nah, itulah beberapa jenis buah untuk ibu hamil yang wajib Anda ketahui untuk dikonsumsi ataukah tidak saat kehamilan berlangsung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *