Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Tahukah Anda buah jamblang? Buah jamblang merupakan buah yang sejenis dengan jambu. Struktur buahnya mirip dengan jambu air, tetapi memiliki rasa yang khas dan berbeda. Buahnya memiliki bentuk lonjong dan ketika sudah matang berwarna ungu.

Manfaat buah jamblang ternyata cukup mengejutkan, mengingat belum banyak yang mengetahui keberadaan dari buah ini. Ras dari buah jamblang sedikit sepat dan asam, tetapi jika digunakan sebagai obat alami tentu Anda akan mengesampingkan rasa sepat tersebut. Nah, bagi Anda yang asing dengan nama jamblang, mungkin pernah mendengar nama buah jambu keling. Itu merupakan nama lain dari buah jamblang.

Manfaat Buah Jamblang bagi Kesehatan

manfaat-buah-jamblang-kesehatan-ibu-hamil

Kandungan yang ada pada buah jamblang ada vitamin A, vitamin C, asam amino, minyak atsiri, kalsium, kalium, seng, zat besi, fosfor, mangan, antosianin, dan masih banyak lagi. Manfaat buah jamblang bagi kesehatan dapat dirasakan bagi Anda yang mengidap diabetes.

Sebelum penyakit Anda semakin parah, ada baiknya jika Anda melakukan pengobatan alami dengan buah jamblang. Bagi Anda yang ingin mencegahnya, juga sangat dianjurkan mengkonsumsi buah yang satu ini yang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Adapun penyakit lain yang dapat diatasi dengan rutin konsumsi buah jamblang adalah dapat menurunkan kolesterol yang tinggi.

Alergi yang tak kunjung sembuh, dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah jamblang sebagai obat anti alergi dan anti inflamasi alami. Tentunya bukan hanya sekali atau dua kali konsumsi langsung dapat dilihat hasilnya, tetapi harus dilakukan secara rutin.

Khasiat buah jamblang bagi kesehatan jangan diremehkan, karena dari buah yang sepat dan tergolong murah meriah didapatkan khasiat yang mantap. Tidak hanya buahnya saja tetapi daun beserta pohonnya juga ternyata bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Buah Jamblang untuk Ibu Hamil

Daun jamblang sendiri mengandung antioksidan dan antivirus yang dapat menurunkan gula darah yang tinggi agar menjadi stabil dan normal kembali dan mengatasi konstipasi. Kemudian kulit dari pohon dapat mengobati sariawan beserta melancarkan siklus haid. Anda dapat membuat obat alami sendiri dari buah jamblang diantaranya untuk obat diare dengan menyiapkan 6 gram buah jamblang serta 6 gram beras sangrai.

Kemudian kedua bahan tersebut direbus dan makan buahnya setelah rebusan mendidih dan dibiarkan sampai tidak terlalu panas. Asma juga dapat diterapi dengan buah jamblang dengan menyiapkan 15 gram buah jamblang dan rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, tunggu sampai dingin, minum airnya dan konsumsi buahnya secara rutin 3 kali sehari.

Ibu yang sedang hamil rawan terkena diabetes dan rawan nyeri, jadi manfaat buah jamblang untuk ibu hamil dapat mencegah diabetes serta sebagai pereda nyeri karena sifatnya yang anti inflamasi. Antioksidan yang terdapat pada buah berwarna ungu ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas, terlebih bagi ibu hamil yang juga sebagai wanita karir. Dikarenakan buahnya yang berwarna ungu, juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan warna ungu. Jadi, makanan akan lebih aman menggunakan pewarna yang langsung diambil dari alam.

Bagi Anda yang menderita batuk kronis, maka jangan resah. Cobalah dahulu membuat ramuan alami dari buah jamblang dengan menyiapkan 15 gram buah jamblang untuk dikonsumsi selama 1 hari dengan 3 kali konsumsi, yaitu pagi, siang, dan sore. Lakukan terapi ini sampai batuk Anda membaik.

Adapun manfaat buah jamblang lainnya yang belum disebutkan di atas diantaranya yaitu untuk mengobati kencing manis, keracunan, dan pembesaran limpa. Jadi, intinya Anda harus melihat dari alam sebelum menggunakan obat-obatan kimia untuk mengatasi sakit Anda, terutama untuk sakit yang masih dalam tahap awal, karena akan lebih aman dengan bahan yang alami.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *