Manfaat Buah Jambu Biji Merah Air Monyet Bagi Kesehatan

Jambu merupakan buah yang lezat dan tidak heran jika banyak orang hobi mengkonsumsi buah jambu. Mungkin Anda tidak tahu bahwa manfaat buah jambu diluar dugaan. Jambu biji atau nama Latinnya yaitu Psidium Guajava atau orang Indonesia menyebutnya dengan beragam sebutan yaitu jambu siki atau jambu klutuk.

Disebut jambu klutuk karena ketika dimakan atau digigit menghasilkan bunyi klutuk-klutuk. Jambu biji memiliki 2 macam, yaitu jambu biji merah dan putih. Keduanya sama-sama memiliki rasa manis, hanya saja jambu merah lebih digemari. Oleh sebab itu, buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia ini begitu popular. Pada musim jambu biji, harganya bisa sangat murah dan Anda puas memakannya.

Manfaat Buah Jambu Biji dan Merah

manfaat-jambu-biji-air-merah-monyet

Jus jambu adalah salah satu minuman olahan favorit dari jambu biji bagi sebagian besar masyarakat. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat buah jambu biji, Anda harus tahu kandungan zat yang ada di dalamnya.

Anda tahu jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan kiwi yang banyak disebut sebagai raja vitamin C, ternyata kandungan vitamin C dalam jambu biji lebih tinggi dari jeruk dan kiwi. Jambu biji mengandung banyak serat yaitu pectin yang merupakan serat larut. Ada juga mineral seperti magnesium dan mangan, asam amino esensial yaitu seperti tryptophan, fitokimia yang mempunyai sifat bak asam elegat, asam linoleat, dan asam korbigen.

Seperti yang Anda ketahui, ada dua jenis jambu, yakni jambu biji merah dan putih. Dari segi rasa jambu biji merah memang lebih unggul namun untuk manfaat buah jambu merah sama saja dengan yang putih. Buah ini sangat baik untuk kesehatan yaitu dapat menyembuhkan infeksi. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat membantu kekebalan tubuh dan menyembuhkan penyakit seperti flu, yang disebabkan oleh infeksi.

Manfaat Buah Jambu Air dan Monyet

Selain itu kandungan serat pectin dari dalam jambu biji berfungsi mengatur kadar glukosa dalam tubuh sehingga buah ini cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Meski pun rasanya manis, ternyata justru boleh dikonsumsi penderita diabetes.

Kanker merupakan penyakit yang menjadi momok terutama di kalangan wanita. Mengkonsumsi jambu biji dapat mengurangi resiko terkena kanker. Senyawa flavanoid dan vitamin C dalam jambu biji merupakan antioksidan yang sangat kuat untuk menghambat produksi zat pemicu kanker (nitrosamine). Vitamin C ini juga dapat membantu kinerja selenium untuk menghambat tumbuhnya sel kanker, utamanya kanker paru-paru, kanker payudara, prostat dan kanker usus besar.

 Likopen yang ada dalam jambu biji merah dapat menghambat oksidasi lemak sehingga mampu mencegah kanker. Selain itu, manfaat buah jambu air juga tak kalah, ia dapat mengontrol diabetes, menjaga kesehatan pencernaan, detoksifikasi dan menyehatkan jantung.

Jambu biji memiliki manfaat yang lain yaitu untuk menurunkan tekanan darah tinggi, sebagai anti radang dan antivirus serta mengatasi penyakit jantung koroner. Manfaat dari jambu biji memang hampir sama dengan manfaat buah jambu monyet atau jambu lainnya. Jambu klutuk dapat meningkatkan kadar trombosit sehingga bagi penderita demam berdarah sangat baik jika diberikan jus jambu biji untuk menambah cairan yang hilang. Kandungan vitamin A dalam jambu biji juga sangat baik untuk kesehatan mata.

Buah jambu biji juga memiliki antioksidan yang tinggi sehingga buah yang satu ini juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Jika sering mengkonsumsinya akan membuat kulit tampak awet muda dan segar karena kandungan antioksidannya. Tapi ada hal penting yang harus kamu tahu tentang jambu air, ia dapat menyebabkan racun sehingga penggunaan jambu biji sebagai obat tradisional harus atas petunjuk dokter. Demikian pembahasan mengenai manfaat buah jambu biji, air dan lain-lain. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai kesehatan dan khasiat buah ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *