Manfaat Buah Jambu Biji Merah dan Putih Untuk Kesehatan

Sebenarnya banyak sekali manfaat buah jambu biji yang belum kita ketahui. Jambu biji mempunyai nama latin Psidium Guajava yang masuk dalam keluarga myrtaceae. Mungkin di beberapa wilayah di Indonesia, jambu biji banyak dikenal sebagai jambu siki atau jambu klutuk. Jambu biji disebut sebagai jambu klutuk karena ketika jambu biji dimakan, bijinya keras dan mengeluarkan bunyi klutuk-klutuk.

Sejak zaman nenek moyang, jambu biji sudah digemari oleh masyarakat luas karena mempunyai daging buah yang lunak, tebal, buahnya bisa mencapai ukuran besar, meskipun berbiji namun rasanya tetap manis. Banyak sekali jambu biji yang mempunyai manfaat tinggi bagi kesehatan antara lain jambu biji merah, jambu biji putih, jambu sari, jambu apel dan lainnya.

Manfaat buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

manfaat-buah-jambu-biji-merah-putih

Jambu biji mempunyai banyak sekali kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada buah jeruk dan buah kiwi. Disamping mempunyai kandungan vitamin C, buah jambu biji juga mengandung serat pektin yakni serat larut. Selain itu mineral yang terkandung di dalam jambu biji seperti mangan dan magnesium tentu sangat bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat buah jambu biji untuk kesehatan sangat banyak terutama bisa mengobati segala penyakit. Zat asam amino esensial yakni tryptophan dan fotokimia merupakan zat yang bisa mengobati penyakit serta mencegah segala penyakit bisa tumbuh dalam tubuh.

Jambu biji memang memiliki rasa manis serta menyegarkan ketika sudah dimakan. Namun buah ini juga mempunyai manfaat buah jambu biji bagi kesehatan antara lain untuk mencegah kanker, mengatasi jantung koroner, menyembuhkan infeksi dan lain sebagainya. Jambu biji diyakini dapat mencegah penyakit kanker karena mempunyai kandungan vitamin C dan senyawa flavonoida sehingga jambu biji bersifat antioksidan yang kuat dan mampu menghambat zat pemicu kanker atau produksi nitrosamin.

Selain itu, jambu biji juga mempunyai kadar kalium yang membantu jantung bisa berdetak lebih stabil sehingga jambu biji bisa menyembuhkan penyakit jantung koroner. Bahkan, jambu biji bisa mencegah infeksi karena kandung vitamin C yang banyak sehingga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat dan akan mempercepat proses penyembuhan yang diakibatkan infeksi.

Manfaat Buah Jambu Biji Merah dan Putih

Jambu biji berbiji merah juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Hal itu disebabkan karena buah jambu biji merah mempunyai kandungan nutrisi yang berkhasiat bagi kesehatan maupun kecantikan kulit. Perlu Anda ketahui bahwa buah jambu biji merah mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan karena di dalam buah jambu biji merah mengandung serat alami yang bisa melancarkan fungsi pencernaan dan membuang zat berbahaya di dalam usus manusia.

Manfaat buah jambu biji merah lainnya yaitu memiliki kandungan mineral mangan, kandungan ini dapat membatu menerap nutrisi makanan yang telah dikonsumsi. Maka dari itu, makanlah makanan yang sehat agar nutrisinya bisa diserap oleh tubuh dengan maksimal.

Memang khasiat buah jambu biji merah dan buah jambu biji putih sama-sama mempunyai khasiat yang sama bagi kesehatan manusia. Namun buah jambu biji putih lebih dipercaya sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit sehingga akan membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Caranya mudah yakni dengan menghaluskan buah jambu biji terlebih dahulu, lalu ditambah dengan sedikit air dan oleskan ke semua kulit termasuk kulit wajah. Agar hasilnya lebih maksimal, maka diamkan selama 20 menit dan bersihkan. Jika Anda menggunakannya dengan teratur maka bisa mencegah jerawat dan juga mengatasi kulit yang berminyak. Itulah manfaat buah jambu biji putih yang baik untuk kesehatan kulit.

Jadi jangan meremehkan khasiat yang dimiliki oleh jambu biji ya, meskipun banyak bijinya namun rasanya tetap enak dan manis. Sekian informasi tentang manfaat buah jambu biji yang bisa dibagikan untuk pembaca semuanya. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *