Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan Tubuh dan Diet

Manfaat buah kedondong dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya sekedar pelengkap ketika makan rujak saja. Namun buah yang memiliki biji unik ini memiliki manfaat yang sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh kita. Buah ini memiliki rasa yang cenderung asam, meskipun ada juga beberapa jenisnya yang memiliki rasa manis.

Saat ini bahkan kita bisa temukan manisan kedondong dengan sangat mudah di supermarket. Karena ternyata buah kedondong juga memberikan peran penting bagi hidup kita terutama dalam hal kesehatan dan kecantikan, maka ada baiknya sesekali Anda memakannya untuk mendapatkan khasiatnya.

Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan

manfaat-buah-kedondong-sehat-tubuh-diet

Setelah diteliti oleh para ahli, ternyata buah kedondong ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak di dalamnya. Dalam satu buah kedondong terdapat setidaknya 3 macam kandungan vitamin, yaitu vitamin C, B2 dan juga vitamin A. Buah ini juga mengandung zat besi, fosfor, protein, karbohidrat dan masih banyak lagi kandungan yang bermanfaat untuk tubuh lainnya.

Karena banyaknya kandungan tersebut, maka manfaat buah kedondong bagi kesehatan juga cukup banyak. Adapun manfaat kedondong yang bisa kita gunakan dalam hal kesehatan yang pertama adalah sebagai obat batuk. Caranya adalah parut tiga buah kedondong setelah dicuci bersih, kemudian parut, dan peras. Setelah ditambahkan sedikit garam, Anda bisa meminumnya. Lakukan hal ini setidaknya dua kali sehari.

Manfaat buah kedondong yang lain adalah sebagai obat sakit perut dan diare. Meskipun memiliki rasa asam, namun kita bisa memanfaatkan buah ini sebagai obat sakit perut caranya yaitu dengan memanfaatkan kulit batang pohon kedondong.

Setelah kulit pohon ini dicuci bersih dan dipotong-potong maka Anda bisa merebusnya, dan minum air rebusannya setidaknya dua kali sehari. Manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang lainnya yang berhubungan dengan masalah sehari-hari yaitu sebagai obat luka bakar. Untuk mengatasi luka bakar, Anda bisa memanfaatkan daun dari buah kedondong ini. Adapun caranya adalah dengan menumbuknya dengan halus dan menempelkan pada bagian yang luka.

Manfaat Buah Kedondong Bagi Tubuh dan Diet

Buah yang memiliki akar-akar pada bagian bijinya ini juga sangat berkhasiat untuk mengatasi anemia atau penyakit kurang sel darah merah. Pasalnya kandungan zat besi di dalam buah ini cukup banyak sehingga sangat berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah.

Adapun manfaat buah kedondong bagi tubuh yang lainnya adalah dapat menambah daya tahan tubuh. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kandungan gula yang ada dalam buah ini dalam bentuk sukrosa. Bahkan buah kedondong juga merupakan penyembuh luka yang baik karena terdapat kandungan vitamin A di dalamnya.

Karena pergantian waktu yang terus terjadi, maka kita juga berangsur-angsur menua. Namun demikian kita bisa mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit kita, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah kedondong ini.

Pasalnya, buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk melindungi molekul penting dalam tubuh yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Manfaat buah kedondong untuk diet juga bisa kita dapatkan karena buah ini mengandung berbagai vitamin pendukung dan mineral yang dapat membuat lemak dalam tubuh luntur. Dengan mengkonsumsinya secara rutin setiap hari maka Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat langsing kembali.

Karena banyaknya manfaat buah kedondong ini bagi kesehatan, maka tidak ada salahnya jika sesekali Anda juga memakannya. Karena ada banyak cara untuk menikmatinya, buah ini bisa dimakan langsung dengan sambal atau di buat rujak, di jus atau di buat manisan. Demikian tadi manfaat buah kedondong untuk kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *