Manfaat Buah Kersen Yang Sering Disepelekan

Buah kersen yang sudah lama menjadi tanaman berbentuk pohon di sekitar masyarakat ini ternyata memiliki banyak manfaat yang mungkin masih banyak diantara kita yang belum tahu. Diantara banyaknya manfaat buah kersen sendiri ada yang paling terkenal, yaitu manfaat buah kersen untuk asam urat.

Hal itu memang tidak dapat disalahkan, karena pada dasarnya buah kersen sendiri memiliki banyak manfaat yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya asam urat. Buah yang rasanya manis ini ternyata memiliki banyak sebutan sesuai di daerahnya masing-masing. Ada beberapa daerah yang menyebut buah ini dengan buah talok, ada juga yang menyebut dengan ceri, keres, baleci, dan keresen.

Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan

manfaat-buah-kersen-kesehatan-kecantikan

Tanaman yang berbentuk pohon ini dapat tumbuh di mana saja, dan itulah mengapa tanaman ini dianggap tanaman liar. Tanaman yang kadang diacuhkan ini selain dapat mengatasi asam urat, ia juga dapat mengatasi diabetes.

Hal tersebut dikarenakan buah kersen memiliki kandungan gizi yang bukan menjadi pantangan penderita diabetes. Kandungan lain yang bermanfaat pada buah kersen ternyata juga bermanfaat sebagai pereda flu. Jadi, bagi Anda yang tiba-tiba merasakan gejala flu, ada baiknya Anda mencoba mengonsumsi beberapa buah kersen daripada Anda mengonsumsi obat-obatan kimia.

Manfaat buah kersen bagi kesehatan tidak hanya sampai di situ saja. Buah yang sangat dekat dengan masyarakat Indonesia ini juga dapat digunakan untuk mengatasi kejang dan kaku pada bagian saluran pencernaan. Kejang dan kaku dalam saluran pencernaan ini dapat diakibatkan dari penyakit diare atau penyakit gastritis.

Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

Selain itu, buah yang manis ini juga dapat digunakan sebagai antibakteri atau juga antiseptik, sehingga sangat cocok untuk penderita diare. Buah kersen sebenarnya sudah lama dimanfaatkan diberbagai belahan dunia sebagai buah penurun kadar kolesterol yang ada dalam darah. Itulah mengapa buah ini sangat cocok untuk penderita kolesterol.

Selain sebagai pengontrol kolesterol dalam darah dan baik untuk penderita kolesterol, buah kersen ternyata juga memiliki manfaat sebagai pembantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ini akan sangat berguna apabila orang yang mengonsumsi buah kersen adalah seorang yang memiliki penyakit hipertensi. Sehingga, bagi Anda penderita hipertensi ada baiknya untuk mengonsumsi buah kecil yang satu ini. Nah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Buah kersen yang memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang cukup tinggi tersebut dapat digunakan untuk mengatasi infeksi pada luka di permukaan kulit. Ada satu manfaat buah kersen untuk kesehatan yang tentu harus Anda miliki yaitu adalah pencegah penyakit tumor. Buah yang kadang disepelekan ini ternyata dapat mencegah Anda terkena penyakit tumor!

Selain manfaatnya yang dapat membantu menghindarkan Anda terhadap penyakit tumor, buah kersen juga memiliki manfaat yang baik untuk anak-anak yang mudah sakit. Hal ini dikarenakan buah kersen memiliki kandungan yang menguatkan daya tahan tubuh. Buah ini pun sangat baik jika digunakan untuk mengatasi sakit kepala. Kandungan buah kersen yang baik dalam membunuh bakteri jahat ini juga membuatnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan kerongkongan, terutama apabila Anda menderita radang.

Ada satu manfaat yang dapat Anda peroleh dari buah kersen yang tentunya tidak dapat ditolak bagi sebagian wanita. Apabila Anda menginginkan kulit yang segar dan cerah secara alami, ada baiknya Anda memanfaatkan manfaat buah kersen untuk kecantikan.

Buah kersen sebagai buah pemercantik kulit ini ternyata memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit, sehingga membuat kulit Anda terlihat cerah. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga mampu melawan kanker, terutama juga sebagai pencegah terjadinya flek pada kulit yang dikarenakan racun dari dalam tubuh. Manfaat buah kersen lain juga ada sebagai penjaga kadar air di dalam kulit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *