Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan Kecantikan Diet

Apa saja manfaat buah kesemek? Pasti banyak dari kalian yang bertanya-tanya khasiat buah ini. Kelihatannya buah ini biasa-biasa saja, tapi ternyata di dalamnya terkandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Kesemek sering juga disebut Shi, (dalam bahasa China), Oriental Persimmon (dalam bahasa Inggris) dan orang jawa menyebutnya “Apel Jawa”, Meski bukan buah apel sebenarnya tapi bentuknya mirip apel.

Kesemek juga memiliki sebutan khas yaitu buah genit karena suka berbedak, pada kulitnya tertempel sebuk berwarna putih seperti bedak. Unik sekali ya buah kesemek, dari kulitnya saja sudah bikin penasaran.

Khasiat Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Buah yang memiliki ciri fisik begitu unik serta sebutan ini sungguh menyimpan manfaat yang tak disangka-sangka. Khasiat buah kesemek untuk kesehatan sungguh tak bisa dibantah. Buah kesemek mempunyai kandungan berbagai zat yang khasiatnya tidak kalah dengan buah apel. Bahkan untuk beberapa kandungan tertentu, lebih mantap disbanding apel.

khasiat-manfaat-buah-kesemek-sehat-diet-cantik

Ternyata kandungan serat dalam sebuah kesemek, dua kali lipat lebih banyak dari apel. Wah, buah apel saja sudah besar manfaatnya ternyata buah kesemek lebih-lebih. Nama besar buah apel ternyata mendapat persaingan dari buah kesemek. Yah, buah-buahan memang sumber kesehatan tak terbantahkan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat buah kesemek untuk kesehatan, Anda perlu tahu kandungan yang terdapat dalam buah kesemek. Adapun kandungan buah kesemek antara lain 0,7 % protein, Vitamin A, 19% karbohidrat, fruktosa, glukosa, kalium, phytochemical lutein, betakaroten, serat. Selain itu di dalam buah kesemek terdapat likopen yang memiliki fungsi sebagai antioksidan, pencegah kanker.

Polifenol dalam buah kesemek mampu menurunkan kolesterol jahat serta mencegah penyakit jantung dan serat dalam kesemek mampu mengikat karsinogen dan mengeluarkan saluran cerna. Macam-macam sekali ya kandungan yang ada dalam sebuah kesemek. Benar saja kalau kandungannya lebih besar dari buah apel.

Manfaat Buah Kesemek untuk Diet dan Kecantikan

Perlu kamu tahu juga bahwa di dalam kesemek muda terkandung zat tannin (tannin-kaki) yang menimbulkan rasa sepat kemudian seiring masaknya buah, zat tannin tersebut akan berkurang. Ternyata zat tannin ini juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan kerajinan tangan yaitu sebagai pengawet barang kerajinan, membantu arak-beras di jepang, bahan pengobatan untuk penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi).

Selain itu, zat-zat lainnya yang ada dalam buah kesemek, diyakini dapat mengobati penyakit lainnya, seperti asma, batuk, dan sakit perut. Tak hanya itu, manfaat buah kesemek untuk diet juga dipercaya oleh masyarakat. Dengan mengkonsumsi buah kesemek, proses diet Anda akn terbantu dan semakin lebih lancar.

Tak cukup membantu proses diet dan menjaga system kekebalan tubuh, manfaat buah kesemek untuk kecantikan juga tak dipungkiri. Buah kesemek bisa Anda olah menjadi masker untuk perawatan wajah. Secara keseluruhan, buah kesemek mempunyai beberapa manfaat antara lain sebagai pencegah kanker, menjaga tekanan darah agar tetap stabil (terutama untuk penderita hipertensi) dan melakukan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya pengerasan terhadap pembuluh darah.

Selain itu, ksemek bisa membantu peremajaan kulit dan mencegah penuaan dini dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Bahkan, kesemek juga dipercaya bisa memelihara kesehatan jantung, memperkuat limpa, membuat tubuh agar langsing dan menjaga kesehatan paru-paru.

Sekarang Anda sudah tahu manfaat dari buah kesemek ini. Buah Anda yang sangat peduli pada kesehatan, ayo konsumsi buah kesemek demi kelangsungan hidup yang lebih baik. Melakukan pencegahan lebih baik dari mengobati. Demikian uraian mengenai manfaat buah kesemek. Semoga bisa menjadi referensi tambahan dan menambah wawasan Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *