Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan, Diet, Kesuburan

Buah kurma sudah lama dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan. Buah kurma sendiri jadi sangat populer ketika menjelang Ramadhan hingga selesai hari raya Idul Fitri bagi umat Muslim.

Buah yang identik dengan timur tengah ini tentu memiliki banyak khasiat yang dapat Anda dapatkan meskipun hanya mengonsumsi 1 kurma setiap harinya. Manfaat buah kurma ini cukup kompleks, mulai dari untuk kesehatan mata, kesehatan tubuh, hingga untuk mengatasi kesuburan wanita maupun pria. Dalam artikel kali ini, kita akan banyak mengetahui tentang khasiat buah kurma.

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

manfaat-buah-kurma

Sebagai buah yang kaya akan manfaat, buah kurma ternyata memiliki kandungan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk pengidap konstipasi. Hal ini dikarenakan kurma dapat dijadikan sebagai makanan pencuci perut apabila diolah dengan benar. Anda hanya perlu merendam buah kurma dalam air selama semalaman, setelah itu Anda hanya tinggal mengonsumsi kurma dan air tersebut. Hal ini juga didukung dengan manfaat buah kurma untuk kesehatan yang mengandung banyak serat yang berfungsi sebagai pelancar buang air besar dan menyembuhkan konstipasi.

Selain untuk konstipasi, buah kurma juga memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi yang akan sangat baik untuk melawan penyakit osteoporosis sekaligus menjaga kesehatan tulang. Kurma sendiri juga mengandung mangan, selenium, tembaga dan magnesium yang sangat mendukung kekuatan tulang terutama untuk di masa mendatang. Manfaat yang dimiliki kurma tidak hanya sampai situ saja, kurma juga memiliki kandungan nikotin yang baik untuk memperlancar saluran pencernaan dan mereduksi gangguan usus.

Manfaat Buah Kurma Muda Untuk Diet

Hal ini dikarenakan buah kurma memiliki zat yang dapat menghambat organisme patologis juga menstimulasi bakteri baik yang ada pada usus. Kurma juga memiliki asam amino yang berfungsi untuk membuat pencernaan jadi lebih efisien, dan nutrisi makanan akan lebih diserap secara maksimal. Kurma yang mengenyangkan membuat buah ini memiliki manfaat buah kurma untuk diet juga.

Kandungan mineral pada kurma yang cukup tinggi juga dapat membantu Anda penderita anemia dalam memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Di samping itu, kandungan zat besi pada kurma akan membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan sel darah merah secara langsung.

Sehingga penderita anemia yang mengonsumsi buah kurma dapat terbantu. Selain itu, buah kurma ternyata juga dapat membantu mengatasi alergi. Inilah yang menjadi paling unik terutama untuk kandungan buah kurma itu sendiri. Kandungan sulfur organik yang cukup unik inilah yang dapat membantu mengurangi reaksi alergi. Sulfur organik juga tidak bisa Anda dapatkan disembarang buah.

Untuk manfaat buah kurma muda juga memiliki manfaat khusus seperti adanya banyak hormon kesuburan. Di Timur Tengah sendiri, buah kurma muda memang sangat diandalkan sebagai obat kesuburan. Kandungan hormon bitosin dalam buah kurma sendiri sangat berperan sebagai pembantu proses gerak peristaltik yang ada dalam jaringan organ rahim pada wanita.

Hal ini tentu akan membuat rahim lebih kuat dan menjaganya dari pendarahan. Buah kurma ini juga memiliki kandungan hormon yang cukup unik dan mirip seperti hormon oksitosin yang diperoleh dari hormon neurohipofisa. Hormon ini sendiri akan sangat berguna untuk merangsang kontraksi pada otot polos dinding rahim, terutama saat proses kelahiran dan berhubungan intim.

Manfaat yang sangat menonjol dari buah kurma muda juga terdiri dari banyak poin. Misalnya seperti membantu mengatasi kemandulan dan menyuburkan fungsi reproduksi. Buah kurma juga dapat membantu menguatkan kandungan, terutama bagi ibu hamil yang sering keguguran. Manfaat buah kurma untuk kesuburan lainnya juga dapat membantu menambah kualitas sperma. Begitu banyaknya manfaat buah kurma sehingga tidak cukup untuk dibahas dalam satu artikel ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *