Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Kulit dan Tubuh

Sebagai salah satu buah tropis yang sangat banyak dijumpai di pasar Indonesia, buah pepaya memang sudah lama terkenal dengan manfaat buah pepaya bagi kesehatan, terutama untuk memperlancar pencernaan.

Ya, buah yang satu ini memang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga dapat langsung Anda rasakan khasiatnya. Namun, ternyata masih banyak manfaat lain dari buah pepaya yang mungkin saja belum Anda ketahui. Maka dari itu, yuk simak artikel ini dalam membahas berbagai macam manfaat dari buah tropis yang sangat enak ini.

Bagi penderita arthritis, edama dan osteoporosis, ada baiknya Anda mengonsumsi buah pepaya secara rutin. Hal ini ditujukan karena buah pepaya sendiri memiliki kadar enzim anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh Manusia

manfaat-buah-pepaya-kesehatan-kulit-tubuh

Enzim tersebut ternyata juga dapat membantu mencegah kanker. Nah, selain enzim yang sangat penting tersebut, pepaya juga memiliki kandungan vitamin C sekaligus A yang baik untuk sistem imun pada tubuh. Didukung pula dengan kandungan khas pepaya yaitu beta karoten yang mampu menjaga kekebalan tubuh Anda dalam menghindari penyakit yang biasanya dikarenakan virus.

Selain manfaat buah pepaya untuk kesehatan tersebut, buah pepaya ternyata juga memiliki kandungan vitamin K yang cukup banyak. Vitamin K sendiri akan baik untuk kesehatan tulang. Apabila Anda baru saja mengalami operasi patah tulang, ada baiknya Anda mulai mengonsumsi buah pepaya sebagai pembantu proses pemulihan.

Vitamin K sendiri berperan untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dalam tulang. Selain itu, kandungan kalium dan vitamin dalam buah pepaya ini juga mampu membantu Anda dalam mengatasi penyakit jantung.

Apabila Anda ingin menjaga kesehatan mata Anda, ada baiknya Anda juga mengonsumsi buah pepaya. Kandungan buah pepaya yang senyawa dengan zeaxanthin antioksidan mampu menyaring cahaya ultraviolet yang tentu akan lebih memproteksi kualitas mata Anda dan menangkal perlambatan degenerasi.

Apabila Anda memiliki luka yang cukup serius pada bagian kulit, ada baiknya Anda mengonsumsi buah pepaya yang satu ini. Kandungan zat enzim proteolitik chymopapain dalam buah pepaya dapat membantu Anda menyembuhkan luka. Anda hanya tinggal memanfaatkan buah pepaya dan menggunakannya seperti sebuah salep.

Selain sebagai penyembuh luka, buah pepaya juga memiliki kandungan beta karoten yang baik untuk mencegah penyakit asma. Nah, manfaat buah pepaya bagi tubuh manusia yang mungkin tidak dapat Anda tolak adalah buah pepaya dapat membantu mengurangi berat badan. Pepaya yang baik untuk diet ternyata adalah pepaya muda. Hal ini disebabkan karena pepaya muda memiliki jumlah enzim yang lebih banyak, dan mampu mengurangi lemak dalam tubuh.

Selain banyaknya manfaat buah pepaya di atas, buah pepaya ternyata juga memiliki banyak manfaat buah pepaya bagi kesehatan kulit. Apabila Anda mengolah buah pepaya dengan di fermentasi terlebih dahulu, Anda dapat melarutkan sel-sel kulit mati dan akan membantu kulit Anda untuk bersinar kembali. Pepaya juga dapat membantu mencegah keluarnya jerawat di kulit wajah. Selain itu, buah pepaya muda juga sangat baik bagi pertumbuhan payudara wanita, supaya tetap kencang dan sehat.

Meskipun memiliki banyak manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh, ternyata buah pepaya juga memiliki risiko tertentu apabila salah dalam mengkonsumsinya. Apabila Anda termasuk seseorang yang alergi dengan bahan lateks, ada baiknya Anda tidak mengonsumsi buah ini. Selain itu, mengonsumsi pepaya yang terlalu matang juga kurang baik untuk penderita diabetes.

Hal tersebut dikarenakan buah pepaya yang terlalu matang justru memiliki kadar gula yang tinggi karena rasanya yang manis. Meskipun demikian, bagi Anda yang tidak memiliki pantangan di atas, jangan sungkan-sungkan untuk mendapatkan manfaat buah pepaya bagi kesehatan setiap harinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *