Manfaat Buah Sukun dan Daunnya bagi Kesehatan

Selama ini masih sedikit yang mengetahui manfaat buah sukun untuk kesehatan sehari-hari dan bahkan untuk mengobati penyakit. Pohon sukun sering kita lihat tumbuh di pekarangan rumah. Ada yang sengaja menanamnya namun ada juga karena tumbuh dengan sendirinya dari akar yang keluar ke permukaan tanah.

Sukun merupakan salah satu jenis buah dengan nama lain Artocarpus yang awalnya merupakan jenis tumbuhan di Pasifik namun kini bisa dijumpai disekitar Malaysia, Vietnam, Thailand dan Indonesia. Buahnya bulat dan memiliki bentuk daun bercabang 5. Namun selama ini buah yang sebenarnya cukup melimpah di sekitar kita kurang menarik untuk dikonsumsi serta nilai jualnya rendah.

Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan

manfaat-buah-sukun-daunnya-kesehatan

Ciri-ciri lain dari pohon dan buah sukun adalah memiliki getah putih seperti pada pohon nangka, sebab sukun masih dalam keluarga nangka dan cempedak. Sedangkan pada buah sukun tidak terdapat biji dan dagingnya berwarna putih kadang ada juga daging berwarna kuning ketika buah sudah benar-benar matang.

Selama ini masyarakat hanya mengira manfaat buah sukun hanya bisa dijadikan makanan ringan seperti keripik sukun, padahal dari kandungan nutrisi yang ada manfaat buah sukun bagi kesehatan sangat banyak. Misalnya adalah buah sukun mengandung karbohidrat yang baik untuk mengganti kebutuhan nasi bagi yang sedang menjalani program diet. Meskipun memiliki rasa manis namun kadar gula dari sukun sangat baik untuk mengurangi berat badan saat diet.

Manfaat Buah Sukun dan Daunnya Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi lain yang terdapat pada buah sukun antara lain adalah memiliki kandungan vitamin B, vitamin C serta vitamin E yang baik untuk kesehatan sehari-hari. Selain itu sukun juga banyak memiliki kandungan senyawa magnesium, fosfor dan betakaroten yang tentu sangat dibutuhkan untuk menjaga metabolisme tubuh.

Cara mendapatkan manfaat buah sukun untuk kesehatan ini juga sangat mudah sekali, misalnya cukup dengan diolah menjadi sukun rebus atau kukus. Cara ini lebih baik karena tidak menggunakan metode digoreng yang bisa mengurangi kadar nutrisi dalam buah sukun.

Dewasa ini seiring dengan trend obat herbal yang semakin dicari masyarakat. Para ilmuan juga meneliti apakah ada manfaat lain di luar manfaat buah sukun, misalnya manfaat daun sukun yang bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit tertentu.

Maka jika selama ini daun sukun hanya digunakan untuk selingan pakan ternak, setelah membaca artikel ini lebih baik manfaatkan dauh sukun tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satu kandungan yang terdapat pada daunnya adalah mengandung kalium, sehingga manfaat buah sukun dan daunnya semakin banyak.

Selain kandungan kalium, daun sukun juga mengandung tanin, asam amino yang multi khasiat. Dengan demikian, daun sukun bisa dijadikan obat herbal seperti obat panu, kadas dan penyakit kulit lainnya. Di masyarakat India daun sukun dijadikan obat sariawan dan panas dalam.

Caranya sangat mudah sekali, pilih daun sukun muda kemudian tumbuk sampai halus dan tempelkan daun tersebut disekitar rongga mulut yang sariawan. Obat herbal dari daun sukun lainnya adalah dengan merendam daun sukun di air hangat kemudian untuk merendam kaki, cara ini bisa menjadi alternative supaya saraf lebih rileks.

Demikianlah beberapa manfaat buah sukun muda berdasarkan kandungan nutrisi yang ada, selain itu daun sukun yang kaya manfaat juga bisa dijadikan obat tradisional untuk mengganti obat kimia jika Anda memiliki alergi obat kimia. Mari kita kembali ke alam dari manfaat buah sukun untuk kesehatan keluarga sehari-hari. Nantikan tips kesehatan keluarga lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *